Membuka Usaha Server Pulsa Elektrik All Operator GSM dan CDMA

Saat ini, pengguna ponsel di Indonesia telah mencapai sekitar seratus sepuluh juta orang dan cenderung terus meningkat. Kebutuhan akan komunikasi semakin dirasakan sebagai kebutuhan pokok dalam menunjang kegiatan hidup sehari-hari.

Pada kenyataannya, sebagian besar pengguna telpon sembilan puluh persen memilih produk kartu prabayar. Peredaran uang untuk transaksi penjualan pulsa prabayar rata-rata perbulan mencapai sekitar tiga koma dua trilyun rupiah.

Operator seluler terus meningkatkan kinerjanya dengan memperbaiki seluruh sistem operasinya dan memperluas jangkauan wilayahnya. Pengisian pulsa secara elektronik dinilai sebagai solusi efisien dan efektif untuk penghematan biaya, memotong biaya produksi, rantai distribusi dan terhindar dari bentuk pemalsuan voucher fisik yang sering terjadi.

Dengan prospek bisnis tersebut, maka distribusi pemasaran pulsa elektrik akan mendapat tempat yang sangat menjanjikan untuk mendapat keuntungan yang cukup lumayan.

server pulsa server pulsa
server pulsa server pulsa

KELEBIHAN BISNIS SERVER PULSA ELEKTRIK

RESIKO KECIL

Pulsa merupakan kebutuhan utama yang mudah laku, tidak rusak, tidak ada batas waktu kadaluarsa, tidak perlu transportasi hanya dengan SMS untuk distribusi barangnya.

PANGSA PASAR LUAS

Pengguna telpon seluler/hp sangat banyak, hampir setiap orang sekarang menggunakan ponsel mulai tukang sayur, tukang ojek, pembantu rt, jurangannya, bos-nya juragannya pokoknya semua hampir pake ponsel lah.

BERLAKU DI SELURUH INDONESIA

Anda dapat jualan pulsa ke seluruh wilayah Indonesia selama ada sinyal untuk transaksi.

TIDAK PERLU TEMPAT KHUSUS

Server anda tidak memerlukan tempat yang strategis cukup dirumah/ di kontrakan/ di kos-kosan dll, karena distribusinya gak perlu bensin.

UNTUNG BISA MAXIMAL

Server pulsa dapat diarahkan kemana aja untuk mendapatkan keuntungan maximal. Server dapat diarahkan ke sumber pulsa termurah dan menjual ke pasar termahal.

MODAL KECIL

Modal dibutuhkan pada saat anda membeli server pulsa/ software saja. Sedangkan modal pulsa didapat dari deposit Agen/Dealer/Reseller Anda. (tapi hati2 jangan suka ngasih bon/bayarnya tempo bisa bobol lo… gak percaya coba aja!)

KEUNTUNGAN BESAR

Selama pulsa tetap sebagai barang komoditi (tidak diberikan secara gratis) maka bisnis ini akan memberikan keuntungan yang relatif besar.

BALIK MODAL CEPAT

Karena perputaran uang sangat cepat dengan keuntungan 2,63% perhari dari modal pulsa yang di putar, nih.. analisanya dari salah satu pembuat server pulsa.

KEUNTUNGAN DAN KELEBIHAN USAHA SERVER PULSA ELEKTRIK

Kenapa disebut keuntungan dan kelebihan usaha server pulsa, tidak lain dan tidak bukan adalah karena usaha ini sangat menjanjikan untuk masa depan, dimana kebutuhan akan teknologi komunikasi yang semakin canggih, dimana jumlah orang yang memerlukan komunikasi semakin banyak, otomatis kebutuhan pulsa juga makin besar. Bagi anda yang belum terjun dalam bisnis server isi ulang pulsa pasti tidak banyak tahu tentang kelebihan bisnis pulsa. Itu sangat wajar mengingat mereka yang telah lama terjun dibisnis pendistribusian pulsa isi ulang pun masih sangat terbatas yang memahami kalau di bisnis pulsa terdapat rahasia terhebat yang berpotensi melipatgandakan keuntungan.

Bagaimana keuntungan tersebut bisa didapat? Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya bertahun – tahun. Seorang agen dalam sekali deposit rata – rata deposit tersebut akan habis dalam waktu 2 sampai dengan 6 hari. Misal agen membayar deposit 500rb kepada anda deposit itu rata – rata tidak akan abis dalam sehari. Dia butuh beberapa hari untuk menghabiskan deposit itu. Jika dia merasa nyaman dengan pelayanan anda dia pasti akan menambah deposit lagi jika saldonya sudah habis.

Bayangkan jika anda memiliki 100 agen dengan masing – masing deposit 500.000, maka keuangan yang depercayakan ke anda totalnya adalah 50juta ( Diperoleh dari 100×500rb ). Iya kan?. Apakah deposit itu akan habis dalam sehari? BERDASARKAN FAKTA deposit itu tidak akan habis dalam sehari. Dan deposit itu juga tidak akan pernah habis. Mengingat penjualan masing – masing agen berbeda – beda. Mungkin hari ini agen pertama sampai 10 habis saldo, besok mereka sudah mengisi lagi. Mungkin besok saldo agen 11 sampai 30 habis, besoknya lagi mereka akan mengisi saldo lagi dan begitulah seterusnya. Jadi saldo keuangan yang ditanam atau dipercayakan kepada anda tidak akan pernah habis.

Jadi sangatlah jelas jika saldo agen yang ditanam ke server akan keluar masuk ilih berganti. Agen rata – rata tidak akan menghabiskan saldonya dalam sehari. Ini artinya setiap hari di Mesin Server ( di tempat anda ) akan ada keuangan yang mengendap. Keuangan tersebut tidk akan banyak bermanfaat jika terus dibiarkan. Harus dikelola secara baik. Berapa besarnya uang yang mengendap? Keuangan yang mengendap berdasarkan pengamatan saya dibanyak server rata – rata untuk hari – hari biasa adalah sekitar15 sampai dengan 40%. Sedangkan untuk hari – hari penting seperti event hari raya adalah sekitar 7 sampai dengan 15%. Untuk akhir pekan ada sekitar 10 sampai dengan 25%.

Anda bisa hitung sendiri. Jika anda memiliki 100 agen dengan masing masing deposit 500rb, maka total saldo adalah 50 juta. Dari 50 Juta tersebuta untuk event hari raya akan terendap dana yang tidak terpakai spaling tidak 7/100×50.000.000 = Rp.3.500.000,- Itu adalah event hari raya, bagaimana dengan hari – hari biasa. Lebih besar bukan keuangan mengendap yang bisa anda mainkan untuk memaksimalkan keuntungan anda.

Lalu apakah uang mengendap itu aman untuk kita mainkan? Jawabnya sangat relatif. Tergantung kelihaian anda memainkan uang. Jika uang mengendap itu berada ditangan orang yang amanah maka akan sangat aman dan akan memberikan tambahan keuntungan yang maksimal. Namun jika berada ditangan orang yang tidak amanah akan sangat beresiko. Bisa habis tanpa bekas. Bisa menimbulkan lubang hutang yang sangat dalam.

Itu adalah hak anda. Anda isa memainkan keuangan tersebut dibisnis apa saja yang halal. Tidak harus dibisnis cellular. Namun sebagai acuan yang paling aman keuangan mengendap tersebut harus dimainkan di bisnis yang bersifat Fast Moving. ( Barang yang cepat laku sehingga uang cepat kembali ) atau dibisnis properti jika jumlah keuangan mengendap sudah banyak. Dalam investasi di bisnis properti ini harus beli. Tidak berlaku jika untuk menyewa. Karena jika sewaktu – waktu ada keperluan yang bersifat urgent, nilai sewa cenderung menurun. Berbeda dengan membeli. Harga properti selalu akan mengalami kenaikan.

Jelasnya, selama masalah stok dikelola dengan baik da rajin melakukan pembelanjaan stok maka permainan uang mengendap akan aman. Agen tidak akan banyak tahu jika sebagian uang anda mainkan dibisnis lain selama masalah stok diperhatikan. Dengan permainan uang mengendap ini anda bisa mengambil keuntungan maksimal. Bahkan dapat dikatakan anda tidak mengambil keuntngan dibisnis server isi ulang pulsa pun anda masih bisa menikmati banyak keuntungan.

Keuntungan yang anda peroleh dari memainkan keuangan mengendap tersebut bisa anda gunakan untuk mengembangkan bisnis anda. Juga bisa sbagian dibagikan lagi sebagi bonus ke agen. Yakinlah semakin banyak anda memberi maka semakin banyak peluang income akan anda dapatkan. Bisnis Server Isi Ulang Pulsa adalah bisnis paling menggiurkan. Betapa tidak. Dengan hanya Bermodalkan server isi ULANG PULSA plus stok beberapa saja anda sudah bisa menarik dana dari member anda.

Anda yang benar – benar masih baru dalam dunia server isi ulang pulsa pasti tidak akan percaya. Misalkan anda telah membangun server isi ulang pulsa senilai 10Jt dan stok awal 1Jt saja anda sudah bisa menarik uang dari member atau outlet tanpa batas. Ya tanpa batas. Bandingkan dengan jika anda meminjam uang di bank. Bank pasti hanya berani memberikan pinjaman maksimal sama dengan nilai asset yang anda jaminkan. Sedangkan di bisnis pulsa, cukup dengan memiliki asset mesin server isi ulang pulsa anda sudah bisa mencari pinjaman tanpa batas. Dan yang lebih menarik lagi, untuk mendapatkan uang prosesnya tidaklah seribet di bank.

BAGAIMANA BISNIS SERVER PULSA INI BERJALAN

Anda mempunyai usaha jual pulsa elektrik. Anda membeli pulsa elektrik dari distributor dalam bentuk chip Mkios, SEV, Simpati Autorefill, Dompet Pulsa atau dari pengusaha isi pulsa / sub distributor lewat SMS dan kemudian anda mengecerkannya kembali ke toko-toko Hp/pengecer pulsa elektrik.

Konter/Toko/pengecer pulsa elektrik itu menaruh deposit sebelum memulai transaksi. Dalam pemesanannya konter/toko/pengecer pulsa elektik itu mengirimkan pulsa SMS dalam format tertentu dan Anda memprosesnya secara manual.

Karena proses manual tersebut mengandalkan tenaga manusia yang rentan terhadap kekeliruan maka Anda membutuhkan komputer dan software yang berfungsi menggantikan operator sehingga fungsi menerima sms mencatat transaksi mengirimkan pesanan, membuat laporan bisa ditangani oleh software tersebut.

INTINYA : Server pulsa ini meringankan kerja jempol anda. Dan fungsi jempol diganti oleh Server ini. Coba anda bayangkan jika anda transaksi 500trx/hari aja. Sudah bisa dipastikan besoknya anda bakal opname karena jempolnya kriting

PROSES DETILNYA SEPERTI INI

1. Konsumen membeli pulsa untuk nomor teleponnya dengan nominal yang di inginkan ke Counter seluler, Outlet, Kios Phone, Agen Penjual Langsung.

2. Counter , Outlet, Kios Phone, Agen Penjual langsung meneruskan permintaan konsumen via SMS atau via Yahoo Messenger ke Center ( Inbox ) penerima Server Erefill.

3. Server Erefill melakukan proses pengolahan data request ( permintaan pulsa ) yang diterima melalui Center ( Inbox ) data yang di proses tersebut adalah : Nama dan Nomor Telepone sudah terdaftar atau belum di Server.

4. Format Pengisian Pulsa tersebut telah sesuai atau tidak dengan format yang telah di tetapkan di Server.

5. Setelah proses verifikasi Nama, Nomor,Format perintah telah benar dan sesuai, maka server meneruskan Permintaan tersebut ke Operator atau Provider sesuai dengan nomor yang akan diisikan pulsa.

6. Provider atau Operator seluler memproses dan mengisikan Pulsa sesuai dengan nomor dan nominal yang di minta.

7. Dan setelah mengisikan Pulsa ke nomor yang di minta maka pihak Provider memberikan pemberitahuan bahwa nomor yang diminta telah Sukses di Isikan Pulsanya dan Serial Number ( SN ) sebagai bukti transaksi tersebut ke server.

8. Server menerima pemberitahuan sukses tersebut dan memprosesnya dengan memotong deposit Counter, Outlet,Kios Phone, Agen Penjual sebesar harga jual yang telah ditetapkan untuk nominal yang telah sukses di isikan ke nomor tujuan yang di minta tersebut.

9. Selanjutnya Server memberikan pemberitahuan bahwa nomor yang diminta telah sukses di isikan pulsanya sesuai dengan nominal yang telah di tentukan dan dimintakan, melalui Sender ( Outbox ) dari Server.

10. Counter, Outlet,Kios Phone, Agen Penjual lengsung menerima pemberitahuan dari server tersebut.

11. Demikian juga prosesnya jika Nomor yang diminta tidak dapat atau Gagal diisikan pulsanya.

Semua Proses dilakukan oleh Server dalam hitungan Detik dan secara Otomatis tanpa campur tangan dari Operator Server. Software bekerja secara :

1. otomatis, yaitu jika penyedia deposit (misal A)kosong pindah ke penyedia deposit yang masih ada (misal B).

2. simultan, yaitu bila A kosong, B kosong, lalu mencari ke C/D/E dan seterusnya.

3. overlap, yaitu transaksi tidak menggunakan sistem antrian (queue), tapi bekerja secara langsung terus menerus dimana engine-engine yang ready/tidak sibuk.

MEMBUAT SERVER PULSA UNTUK PEMULA (itu mudah)

Membuat sebuah server pulsa jika disederhanakan memang tidak membutuhkan modal yang besar, karena hany membutuhkan 1 buah hp dan kabel datanya saja dan 1 perangkat komputer sudah dapat mendistribusikan pulsa kemana-mana. Namun dibawah ini akan kami paparkan pembuatan server pulsa yang sederhanan namun ideal untuk pemula.

PAKET HEMAT

• 1 HP Siemens C55 untuk Center (terima perintah sms dari reseller/ pengecer/ kios)

• 1 HP Siemens C55 untuk Sender (balasan sms/reply ke reseller/ pengecer/ kios)

• 1 HP Siemens C55 untuk All Operator (NusaPro, Trikomsel, EzyLoad dll)

• 3 buah kabel data Bluetech untuk Siemens C55

• CD Software Pulsa Erefill untuk Basic Edition

• Perangkat computer dan koneksi internet (bisa memanfaatkan yang udah ada)

Konfigurasinya mirip seperti di bawah ini:

server pulsa

Keterangan:

* Center dan Sender bisa diisi kartu XL / IM3 / AS atau terserah anda asalkan cari yg biaya sms antar operatornya murah syukur gratis, ini untuk mengirit biaya operasional sms agen/dealer dan anda.

* HP tidak harus pake Siemens.

* Paket Hemat  dengan menggunakan modal yang minimalis, dilengkapi dengan Erefill Paket Basic Edition memberikan solusi kepada Anda yang ingin memulai usaha distribusi pulsa. Anda dapat menggunakan segala bentuk transaksi seperti MKIOS, SMS GSM atau CDMA, MTronic, XL, Voucher Fisik. Namun pada edisi ini, masing-masing jenis transaksi tersebut di atas dibatasi hanya satu satu.

* Handphone Siemens C55 merupakan handphone lama yang biasa digunakan sebagai pengganti modem GSM. Hal ini disebabkan karena at-command nya yang cukup lengkap, dan harganya jelas jauh lebih murah dibandingkan dengan modem GSM seperti Wavecom.

* C55 biasa digunakan pada server untuk penjualan pulsa elektronik atau mesin pengirim SMS (SMS box). Dalam aplikasi penjualan pulsa elektronik, C55 bisa digunakan pada MKIOS yang menggunakan sistem USSD. Pada sistem yang menggunakan menu (STK) seperti MTRONIK dan XL, menu dipilih oleh gerakan yang diperintahkan melalui at-command AT+CKPD, karena C55 tidak mempunyai at-command untuk STK.

* Jangan menggunakan hp Siemens C55 untuk topup MTRONIK atau Dompul yang menggunakan sistem menu (STK). Pergerakan menu di hp dilakukan melalui perintah at-command AT+CKPD. Command-nya jelas searah karena komputer hanya memerintahkan pergerakan menu tanpa mengetahui posisi akhirnya. Akibatnya jika AT+CKPD nya terlalu cepat atau salah instruksinya maka menu akan ngawur arahnya. Disarankan menggunakan modem.

* Tapi saya anjurkan jangan memakai modem yang powernya ngambil langsung dari USB port komputer alias tanpa power supply tambahan. Waktu transmit modem menyedot arus yang cukup besar dan akan terdeteksi sebagai Power Surge oleh komputer. Untuk topup yang menggunakan metoda USSD seperi MKIOS, hp Siemens C55 oke-oke aja. Pakai modem ngga terlalu berpengaruh. Karena konektor modem masih RS232 maka diperlukan RS232 PCI port.

KEUNGGULAN MODEM DIBANDING HP

Jika anda adalah (atau berencana jadi) pengusaha server pulsa, anda harus tahu beda modem GSM dan HP/Ponsel GSM biasa seperti Siemens C55 / M55. Modem memiliki banyak kelebihan yang sangat membantu kelancaran dan kesuksesan usaha anda.

Berikut ini adalah kelebihan modem GSM daripada hp biasa:

• Melakukan transaksi jauh lebih cepat daripada hp biasa (2x – 5x lebih cepat)

• Sanggup menangani volume transaksi yang besar

• Sanggup menangani transaksi bertubi-tubi dalam waktu yang singkat

• Lebih awet dan perawatannya lebih mudah

• Hand Phone (siemens C55 atau M55) yang di gunakan untuk :

SMS Center atau Inbox.

SMS Sender atau Outbox.

Modul Dial.

• Modem GSM ( Wavecom atau yang lain ) yang di gunakan untuk :

– SMS Center atau Inbox ( apabila tidak menggunakan Hp siemens ).

– SMS Sender atau Outbox ( apabila tidak menggunakan Hp siemens ).

– Modul STK.

Tabel Kebutuhan Perangkat Server Pulsa

No Nama Spesifikasi Gambar Harga Jumlah Keterangan
1 PC sebagai komputer server + koneksi internet computer (sendiri) 1 unit Bisa pakai yang sudah ada
2 HP Siemens C55 HP Siemens C55 (Rekondisi) siemens Rp 160,000 3 unit HP Center
HP SenderHP all operator
3 CD Software Pulsa Erefill Erefill Paket Basic Edition cd Rp 2,500,000 1 keping stabillancar
4 Kabel Data HP Siemens C55 Kabel data Siemens C55 USB Bluetech bluetech Rp 40,000 3 buah Untuk menghubungkan HP ke komputer
Total
Rp 3,100,000

Untuk yang sederhana tetapi mak nyus spek-nya (PAKET YAHUD)

•1 HP Siemens C55 untuk Center (terima perintah sms)
•1 HP Siemens C55 untuk Sender (balasan sms/repply).
•1 HP Siemens C55 untuk M-Kios (Telkomsel)
•1 HP Siemens C55 untuk Dompet Pulsa (XL)
•1 HP Siemens C55 untuk SEV (Indosat)
•1 HP Siemens C55 untuk All Operator (NusaPro, Trikomsel, EzyLoad dll)
•1 Modem untuk koneksi Host to host ke Distributor Pulsa Elektrik (Si-ipul, Datacell, DKPP, Trikomsel dll)
•Host to host transaksi server pulsa ke distributor pulsa lewat internet, jadi server kita nyambung ama servernya si distributor host to host tsb bukan pake SMS.

Bentuk topologinya kurang lebih seperti ini:

server pulsa

Keterangan :

Center dan Sender bisa diisi kartu XL / IM3 / AS atau terserah anda asalkan cari yg biaya sms antar operatornya murah syukur gratis, ini untuk mengirit biaya operasional sms agen/dealer dan anda. • Paket ini memberikan solusi bagi Anda yang mempunyai usaha yang sudah berjalan dengan transaksi yang termasuk tingkat medium, maka pilihan ini yang sesuai bagi usaha Anda. Anda dapat menggunakan segala bentuk transaksi seperti MKIOS, SMS GSM atau CDMA, MTronic, XL, Voucher Fisik. Pembatasan yang diberlakukan di sini adalah bahwa pada setiap module transaksi, Anda hanya bisa menancapkan jumlah terminal maksimal 5 unit. .

Tabel Kebutuhan Perangkat Server Pulsa

  • No Nama Spesifikasi Gambar Harga Jumlah Keterangan
    1 Processor: Quad Core Motherboard:Gigabyte Memory: 2 x2BG =4GB Harddisk :320 GB Power Supply: 500 watt 5 Slot PCI DVD RW LCD Monitor BenQ 16′ computer Rp 6,900,000 1 unit 1 PC Sebagai Komputer Server
    2 PC Quad Core 1 unit 1 PC sebagai komputer client
    3 HP Siemens C55 HP Siemens C55 (Rekondisi) HP Siemens C55 (Rekondisi) Rp 170,000 6 unit 1 HP Center1 HP Sender1 HP M-Kios1 HP Dompul XL 

    1 HP M-Tronik

    1 HP sebagai 1 Chip all operator

    4 HP CDMA Nokia 6235 HP CDMA Nokia 6235 (tanpa baterai*&charger Nokia 6235 Rp 425,000 1 unit 1 HP CDMA
    5 CD Software Pulsa Erefill Erefill Paket Bussiness Limited Edition Erefill Rp 6,500,000 1 keping
    6 Kabel Data HP Siemens C55 Kabel data C55 USB “ Kabel data C55 Rp 45,000 6 buah Untuk menghubungkan HP Siemens ke komputer
    7 Kabel Data HP Nokia 6235 Kabel data N6235 (USB DKU-2) Kabel data CA-53 Kabel data N6235 Rp 25,000 1 buah Untuk menghubungkan HP Nokia ke komputer
    8 USB HUB USB HUB 7 Port server 2.0 Rp357,000 1 unit Untuk menambah port USB
    9 Baterai HP Nokia 6235 BL-5C BL-5C Rp 12,500 1 buah Baterai untuk Nokia 6235
    Total

B. Untuk PAKET PROFESSIONAL :

• 1 Modem Wavecom untuk Center (terima perintah sms)

• 1 HP Siemens C55 untuk Sender (balasan sms/repply)

• 1 HP Siemens C55 untuk M-Kios (Telkomsel)

• 1 HP Siemens C55 untuk Dompet Pulsa (XL)

• 1 HP Siemens C55 untuk SEV (Indosat)

• 1 HP Siemens C55 untuk All Operator (NusaPro, Trikomsel, EzyLoad dll)

• 1 Modem untuk koneksi Host to host ke Distributor Pulsa Elektrik (Si-ipul, Datacell, DKPP, Trikomsel dll)

Host to host transaksi server pulsa ke distributor pulsa lewat internet, jadi server kita nyambung ama servernya si distributor host to host tsb bukan pake SMS.

• Usb Hub yang ada power suplai sendiri.

• Ups

• Stavol Motor

• Genset

Bentuk topologinya kurang lebih seperti ini:
Pakai modem ngga terlalu berpengaruh. Karena konektor modem masih RS232 maka diperlukan RS232 PCI port.
Keterangan :
Center dan Sender bisa diisi kartu XL / IM3 / AS atau terserah anda asalkan cari yg biaya sms antar operatornya murah syukur gratis, ini untuk mengirit biaya operasional sms agen/dealer dan anda.• Paket ini memberikan solusi bagi Anda yang mempunyai usaha yang sudah berjalan dengan transaksi yang termasuk tingkat medium, maka pilihan ini yang sesuai bagi usaha Anda. Anda dapat menggunakan segala bentuk transaksi seperti MKIOS, SMS GSM atau CDMA, MTronic, XL, Voucher Fisik. Pembatasan yang diberlakukan di sini adalah bahwa pada setiap module transaksi, Anda hanya bisa menancapkan jumlah terminal maksimal 5 unit. 

HARGA SERVER PULSA ELEKTRIK
Jadi modal anda cuman beli komputer jangkrik + HP bekas C55 atau lainnya dan kabel data + software yg asal jalan daripada pencet2 tombol sudah bisa jadi server pulsa elektrik. Untuk deposit ke Dealer tarik aja dari calon agen/diler anda, gitu aja kok repot
Mengapa transaksi tanpa kode lebih mudah?

•Memudahkan Agen untuk bertransaksi dan tidak perlu menghapalkan kode pulsa
•Menghindari kesalahan kode, karena jika salah kode transaksi akan ditolak
•Hemat biaya sms karna sms cukup dilakukan 1 kali saja,  jika pakai kode dan salah kode  harus mengulangi lagi
•Format lebih singkat mudah dilakukan

MODAL BISNIS SERVER PULSA

Jika Anda memulai usaha dalam server pengisian pulsa, secara garis besar modalnya dapat dikelompokkan dalam 3 kategori berikut ini:

1. MODAL AWAL

2. MODAL OPERASIONAL

3. MODAL KERJA

MODAL AWAL

Modal Awal adalah jenis modal yang harus dikeluarkan di awal dan digunakan untuk jangka panjang. Contoh yang termasuk modal awal adalah peralatan komputer, hardware, software, router, switch, modem adsl, handphone, modem gsm, kabel data, alat tulis kantor, bangunan, genset, UPS, dan barang-barang lainnya. Modal awal ini cukup besar karena dipakai untuk jangka panjang. Untuk mengetahui secara lengkap tentang peralatan yang dipakai dan nilai/harga masing2 peralatannya dapat ditilik pada tautan berikut ini:

http://www.mediatelindo.com/alatserverpulsa.php

MODAL OPERASIONAL

Modal Operasional adalah modal yang dikeluarkan untuk membayar operasional bulanan misalnya gaji pegawai, tagihan listrik, tagihan telepon, air, dll. Untuk bisnis pulsa elektrik ada biaya sms reply, kartu perdana untuk mengirim sms, isi ulang pulsa untuk kartu mkios, dompet pulsa dan sev, serta isi ulang sms reply. Modal ini penting sekali untuk dicatat, mengingat suatu usaha bagaimanapun bentuk dan skalanya, baik besar maupun kecil harus dikelola dengan pembukuan yang rapi.

MODAL KERJA

Modal Kerja adalah jenis modal yang harus dikeluarkan untuk membuat membeli atau menjual barang. Modal kerja ini dikeluarkan tiap bulan atau setiap melakukan order. Pada prinsipnya, tanpa modal kerja Anda tidak bisa memiliki barang dagangan untuk dijual. Contohnya: modal untuk membeli stok MKIOS, membeli stok Simpati Autorefill, mengisi deposit Indosat SEV, deposit Dompet Pulsa, membeli stok voucher fisik, deposit host-to-host dan barang-barang inventori lainnya. Perkiraan Biaya untuk pembelian stok :

  • – mkios (simpati): 1jt – 5jt
  • – SEV (Indosat): 1jt – 5jt
  • – DOMPUL: 1jt – 5jt
  • – 3 (three): 1jt – 5jt
  • – flexi: 1jt – 5jt
  • – esia: 1jt – 5jt
  • – Host to Host (Pengambilan Stok Pulsa Via Internet):1jt – 5jt, jadi total antara 7 – 35 juta tergantung pengambilan deposit.

Untuk cari Chip SEV silakan kontak “Dealer Indosat” , ke “XL Kita” buat chip Dompet Pulsa, meluncur ke “Dealer Telkomsel” buat cari chip M-Kios di daerah anda. Kalo sdh dapat chipnya isi saldonya dan colokan ke HP dan server. Untuk Flexi Fren dan lain2nya bisa nebeng ke all operator lain misal : NusaPro, Trikomsel dll di daerah anda. Untuk Host to Host bisa joinan ama yang buat server (biasanya mereka juga buat all operator) atau ke DKPP, Trikomsel, Telesindo dan lain2 disesuaikan dengan software servernya.

Untuk Solo/Surakarta : Dealer Indosat (SEV) = Colokin ke Phone House, EzyLoad, Tri Tunggal Sentosa, Nusa Teknik dll; Dealer Telkomsel (M-Kios) = Colokin ke Leo Phone, Prima Phone, Mitra Sejati, Jala Kencana, AG, dll ; Dealer XL (Dompet Pulsa) = cari yang ada plangnya XL KITA, ALL Operator (Flexi/Fren dll) = Colokin ke Nusa Pro, Trikomsel dll; Host To Host = bisa kontak ke sesama pengguna Erefill di forum Djawir

Untuk Jogja/Yogyakarta Dealer Indosat (SEV) = KMN jl. kaliurang km. 14 atau yang lain; Dealer Telkomsel (M-Kios) = MASTERLINK YOGYAKARTA Jl Hos Cokroaminoto 22, Yogyakarta, atau yang lain ; Dealer XL (Dompet Pulsa) dan ESIA = di JL HOS COKROAMINOTO Alamat : Ruko Godean Permai Blok. 1 Jl. Godean Km. 5, Banyuraden, ALL Operator (Flexi/Fren dll) = Flexi Baledono : JLN. GODEAN 1. Baledono Pusat, Jl. Godean Km 2,8 Ruko Green Plasa kav.4 Yogyakarta. 2. Baledono Yogyakarta, JL.Urip Sumoharjo 135 Yogyakarta dll; Host To Host = bisa kontak ke sesama pengguna Erefill di forum Djawir

Setelah dapat persetujuan untuk pendaftaran, maka langkah selanjutnya yaitu link ke masing 2 operator penyedia

telkomsel ; indosat ; XL ; mobile-8 ; three ; ceriaku ; flexi ; esia ; smart ; axis ; hepi

TIPS : Hati2 sama salesnya dealer, cari info kalo bisa punya orang dalam jadi diskon2/bonus2 untuk anda bisa sampai ke anda full gak diembat salesnya, atau bahkan sales managernya/kepala cabang atau apalah istilahnya

TIPS : ke Dealer2 diatas jangan bangga bilang kita punya server apalagi Telkomsel bisa dipersulit stoknya, dan lagi Dealer2 tersebut biasanya punya All Operator juga jadi takut kesaing aja . Jadi cukup daftar bilang aja ini dari konternya si Petruk Gareng Cell di ujung jalan sempit dsb, biar lancar tanpa curiga

PERMASALAHAN STOK PULSA

Saat ini yang paling ribet masalah stok pulsa cuman M-Kios Telkomsel. Yang lain sistem stoknya pake deposit, jadi anda tinggal isi deposit ke SEV/Dompul sejumlah tertentu sudah bisa buat transaksi semua nominal, tinggal deposit anda berkurang setiap dilakukan transaksi. Sedangkan Telkomsel sistemnya unit, jadi anda harus pesan misal Simpati 20rb = 100 unit/biji dan unit ini akan berkurang setiap dilakukan transaksi. Belum lagi kena pembatasan regional, jadi misal M-Kios anda terdaftar di wilayah Jawa Tengah, anda tidak boleh mengisi untuk nomer2 Telkomsel diluar Jawa Tengah, kalo itu dilakukan nomer M-Kios anda akan di suspend/hangus. Tapi semua bisa diakali, pembuat server pasti sudah punya jurus-jurus pamungkas untuk mengatasi masalah tersebut.

ANALISA KEUNTUNGAN

Keuntungan dari Bisnis Server Pengisian Pulsa Elektik all Operator Pengusaha yang bergerak di bidang bisnis Pengisian Pulsa Elektrik ini mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual dengan gambaran sebagai berikut :

Ilustrasi I .

Denominal
Harga Jual
Harga Beli
Selisih Harga
10000
10000
9900
9900
Dari Tabel di atas dapat dilihat gambaran keuntungan yang di dapat dari penjualan pulsa dengan denominal 10.000 adalah harga beli  Rp.  9.000  dan menjual kembali dengan harga Rp.  10.000 maka didapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan jual sebesar Rp.  100 / transaksi.
Keuntungan perharinya          :
selisih harga X jumlah transaksi
Rp.  100 X  2000
total  : Rp.   200.000
Keuntungan perbulannya      :
total pendapatan perhari  X  hari dalam 1 bulan
200.000 X 30
total             :     Rp.   6.000.000,-
Biaya Operasional
* Listrik  perbulan                                               = Rp. 250.000,-
* Internet  (bila menggunakan H2H dan YM)  = Rp. 200.000,-
* Pulsa (untukHP SMS Sender / reply SMS)     = Rp. 100.000,-
* Karyawan (tidak harus)                                  = Rp. 600.000,-
= Rp. 1.150.000,- / Bulan
Pendapatan perbulan – Biaya Operasionil
Rp.   6.000.000,-         – Rp. 1.150.000,-      =   Rp.   4.850.000,-
Jadi  Total Pendapatan yang di dapat tiap bulannya Rp.  4850.000,-
Demikian juga untuk denominal yang lain nya 5.000 , 15 000 , 20.000 , 25.000 ,50.000 , 100.000 berapa penghasilan yang di dapatakan dapat anda hitung sendiri.
Pendapatan tersebut akan semakin besar jika jumlah transaksi perharinya semakin banyak .
Catatan : ilustrasi ini di buat dengan memakai denom 10.000,-

PEMBUKUAN SERVER PULSA

Sebuah prediksi saya yang selama ini tidak pernah ada yang membantah adalah bahwa sekitar 90% server isi ulang pulsa di Indonesia tidak memiliki pembukuan yang jelas, Sekita r 25% server isi ulang pulsa di Indonesia mengalami minus, sekitar 25 % server isi ulang pulsa di Indonesia posisi stok yang dimiliki sama dengan jumlah tanggungan saldo agen dan bon supplier, sekitar 25% server isi ulang pulsa di Indonesia jumlah stok yang dimiliki lebih besar dari tanggungan atau saldo agen namun belum jelas dia dalam posisi laba atau rugi dan hanya sekitar 25% saja yang benar – benar mengalami keuntungan.

Sungguh ironis tapi ini adalah realita. Mayoritas server isi ulang pulsa di Indonesia tidak memiliki pembukuan yang jelas. Banyak yang asal – asalan. Banyak yang tidak pernah mencatat antara keuangan masuk dan yang keluar. Banyak yang tidak mengetahui jumlah laba maupun rugi secara pasti.

Dalam waktu 1 sampai dengan 3 tahun lagi paling tidak ada sekitar 25% server isi ulang pulsa di Indonesia akan tutup. Ironisnya sekitar 5% sampai dengan 15% akan tutup dengan keadaan pailit. Semua itu hanya akan bisa dihindari jika anda mulai sekarang menerapkan sistem pembukuan yang jelas. Karena dasar dari semua bisnis adalah pembukuan keuangan yang jelas dan transparan. Tanpa itu maka tidak akan pernah ada yang namanya kejayaan. Yang akan ada hanyalah kebangkrutan dan penderitaan.

VITAL UNTUK PAJAK DAN PERMODALAN

Manfaat lain dari pembukuan yang tertib adalah dalam hal pengambilan keputusan. Dengan melihat data-data keuangan, seorang pengusaha bisa menilai bahwa usahanya tengah berkembang dan memerlukan ekspansi. Tapi, bisa juga sebaliknya, usaha tersebut sudah tidak bisa dipertahankan lagi dan lebih baik ditutup agar tidak menyebabkan kerugian lebih parah. Tanpa data dan informasi yang komprehensip, keputusan yang dibuat bisa jadi tidak menjadi keputusan yang tepat. Laporan keuangan kan salah satu informasi juga.

Rencana pengembangan bisnis terkadang akan berurusan dengan pihak perpajakan, jadi jika selama ini tidak membayarkan pajak dari hasil usahanya menjadi kelabakan karena ia tidak tahu-menahu urusan pajak. Jadi jangan kaget jika melihat hasil hitungan petugas pajak berdasarkan pembukuan sederhana yang dibuat selama ini, karena pajak yang harus dibayarkan jauh lebih besar dari porsi laba yang didapat dari usahanya. Sejatinya, duduk perkaranya sederhana saja karena kadang tidak bisa menunjukkan bukti dari pegeluaran-pengeluaran yang ada dalam pembukuan. Karena petugas pajak tidak mengakui pengeluaran tanpa bukti, semuanya masih dihitung sebagai keuntungan. Alhasil, total jenderal pajak yang harus dibayarkan jadi lebih besar dari yang seharusnya.

Maka fungsi pembukuan yang berikutnya berkaitan erat dengan urusan perpajakan. Tanpa pembukuan, penghitungan pajak akan susah dilakukan. Salah-salah si wajib pajak malah jadi membayar pajak lebih besar. Laporan keuangan pun harus dilakukan secara benar. Selain memudahkan petugas pajak, pembukuan yang baik juga menghindarkan si wajib pajak dari potensi kerugian. Sebab, memang ada cara-cara legal untuk meminimalkan pajak.

Ada lagi manfaat penting dari pembukuan, yaitu ketika perusahaan harus berhubungan dengan pihak ketiga. Biasanya menyangkut permodalan perusahaan. Misalnya saja, ketika perusahaan akan dijual kepada pihak ketiga. Dari laporan keuangan itu bisa diketahui berapa nilai perusahaan.

Laporan keuangan juga sangat diperlukan ketika mengajukan kredit kepada bank. Bank akan melihat apakah usaha ini termasuk bankable. Salah satunya ya dari laporan keuangannya. Kalau tidak ada, bagaimana bank bisa menilai.

Alhasil, dari empat manfaat pembukuan itu saja kita bisa menyimpulkan betapa pentingnya pembukuan itu dalam menjalankan suatu usaha, sekecil apapun atau sebesar apapun usaha tersebut. Salah satu kiat bisnis bisa bertahan dalam jangka waktu lama, long lasting, dia harus melakukan pembukuan. Walaupun sederhana sekali.

CATATAN:

Dalam dunia usaha kelas menengah kebawah pengeluaran – pengeluaran yang tercatat biasanya hanyalah pengeluaran besar semacam gaji dan uang makan karyawan saja. Sedangkan pengeluaran kecil yang sering dilakukan justru malah tidak terkontrol. Seperti pengeluaran untuk keperluan pembelian bensin, pulpen, kertas, isi pulsa sender, isi pulsa komunikasi, cemilan ketika ada tamu, bea parkir kendaraan, dan masih banyak lagi. Padahal pengeluaran kecil yang sering dilakukan itu dalam kenyataanya justru malah lebih besar dari pengeluaran yang selama ini mereka anggap besar.

JURUS JITU MENYUSUN PEMBUKUAN

Susunlah proyeksi aliran kas sebelum memulai suatu usaha. Ini akan membantu Anda melihat prospek dari usaha tersebut. Sebaiknya pula disiapkan cadangan modal lebih besar dari pada asumsi modal yang dibutuhkan dalam proyeksi aliran kas tersebut. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga dalam perjalanan usaha Anda. Jangan pernah melewatkan satu transaksi pun untuk dicatat. Untuk itu, siapkan dua buku; buku pengeluaran dan buku pemasukan. Sekecil apa pun skala usaha Anda, jangan pernah mencampur keuangan perusahaan dan keuangan keluarga. Sebisa mungkin setiap transaksi harus ada bukti transaksinya, entah itu bon atau kwitansi. Dan, jangan sampai hilang. Nantinya bukti-bukti transaksi ini bakal berguna dalam penghitungan pajak. “Soalnya, petugas pajak tidak akan menganggap sah transaksi tanpa bukti, misalnya perusahaan Anda mengeluarkan sejumlah dana untuk membeli barang-barang inventori, tapi Anda tidak punya bukti transaksinya.

Nah, petugas pajak tidak akan menghitung transaksi ini. Artinya, tanpa pos pengeluaran ini pendapatan perusahaan Anda jadi lebih besar. Berarti pula pajak yang harus Anda bayar juga lebih besar. Bila perlu, untuk memudahkan pencatatan transaksi bisa dibuat form-form khusus, misalnya untuk pengeluaran rutin dibuat form warna kuning, pengeluaran sesekali form warna merah, dan pemasukan form warna hijau. Lalu, buatlah penempatan file yang tertib dan teratur untuk memudahkan Anda mencari arsipnya. Jangan lupa pula menghitung depresiasi atau biaya penyusutan dari aset-aset perusahaan, seperti bangunan, mobil, furnitur, peralatan kantor, mesin produksi, dan seterusnya. Ini salah satu cara yang legal untuk mengurangi pajak. Biar tidak merepotkan, biaya penyusutan ini sebaiknya dihitung setahun sekali saja. Oh ya, jangan asal membuat aturan main depresiasi sendiri.

Aturan perpajakan sudah punya aturan mainnya. Paling gampang, gunakan saja metode depresiasi garis lurus (straight line method). Jangan ragu atau malu untuk meminta bantuan tenaga akuntan atau konsultan pajak bila memang merasa kurang mampu. Soalnya, masalah akuntansi dan perpajakan memang cukup pelik. Lagi pula, saat ini banyak konsultan independen yang bersedia membantu wirausaha kecil dan menengah dengan biaya yang tidak kelewat mahal. Untuk keperluan pengisian SPT sederhana antara Rp 200.000 – Rp 1 juta. Tapi, kalau untuk tax planning, bisa lebih mahal. Bila menyewa tenaga profesional, seperti akuntan dan konsultan pajak, sebaiknya Anda terlibat aktif. “Selain pembukuannya beres, Anda juga bisa belajar, sehingga tambah pintar,”

MENGAPA BISNIS SERVER PULSA TIDAK MAJU?

Bagi anda yang benar – benar baru dalam dunia bisnis server isi ulang pulsa mungkin tidak pernah mendengar adanya server isi ulang pulsa yang tutup atau bangkrut. Sesuai yang telah saya uraikan pada bab terdahulu. Mayoritas server isi ulang pulsa saat ini belum dikelola secara bagus. Banyak yang masih dikelola secara promitif. Maka tidak mengherankan jika banyak yang tidak bisa berkembang dan akhirnya tutup. Nah disini akan kita bahas beberapa hal yang sering menjadi penyebab hancurnya usaha server isi ulang pulsa. Ini kami beritahukan agar anda nantinya tidak akan mengalami kegagalan seperti mereka yang mengelola asal – asalan.

Tercampurnya keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan

Siapapun saya rasa tidak akan ada yang membantah kalau uang itu manis. Maka jika keuangan usaha tercampur dengan keuangan rumah tangga pasti yang menang adalah keuangan rumah tangga. Keuangan usaha akan ikut tersedot sedikit demi sedikit dan akhirnya tinggal sedikit. Ini lebih sering terjadi pada pasangan muda yang masih suka hura – hura. Banyak sekali saya mendapat laporan dari rekan – rekan di berbagai kota di Indonesia. Server L mengalami minus sampai 300Jt, Server R mengalami kerugian sampai 129Jt, Server H mengalami minus sampai 50Jt, Server M mengalami minus sampai 40Jt. Kadang memang terasa sangat mengerikan. Tapi salah siapa??? Salah siapa mencampuradukan keuangan pribadi dengan keuangan usaha.

Tidak memiliki pembukuan yang jelas

Mereka tidak tahu berapa permodalan yang telah distor, Tidak pernah mencatat uang masuk dan uang keluar. Keuntungan hanyalah berdasarkan perkiraan belaka. Server jalan tanpa acuan yang jelas.

Tidak Menguasai Program Server Isi Ulang Pulsa yang digunakannya

Ini adalah fakta. Banyak server isi ulang pulsa di Indonesia operatornya tidak memahami komputer sama sekali. Masih banyak saya menemui operator yang untuk meng-copy data dari komputer ke flashdisk atau sebaliknya saja masih kebingungan. Yah menjalankan server hanya sebatas menghidupkan dan mematikan saja. Lalu mengamati. Tetapi tidak bisa melakukan perawatan server dengan benar. Mesin server ( komputer ) itu juga ingin diperhatikan brow… kayak motor. Perlu diservis segala secara berkala. Dalam dunia IT sering disebut “maintenance”. Nah ini operator yang tidak mumpuni biasanya tidak paham. Parahnya lagi misalkan komputer terkena virus, komputer mati dan sebagainya, kacau deh. Penanganan akhirnya menjadi lama. Untuk itu disarankan kalau mencari operator carilah yang paling tidak ada sedikit pengetahuan tentang seluk beluk komputer.

Tidak Adanya Innovasi Bisnis

Apapun Bisnisnya kita harus paham kalau namanya bisnis itu tidak ada yang abadi. Untuk itu perlu adanya innovasi. Karena hanya dengan memberikan innovasi baru terhadap bisnis anda konsumen anda akan bisa betah bersama anda.

Terjerumus dalam persaingan harga yang tidak sehat

Penyebab lain dari hancurnya server isi ulang pulsa adalah terjebak dalam persaingan harga yang tidak sehat. Ini biasanya terjadi pada pemain baru dengan modal minim. Dimana saja namanya pemain baru selalu melakukan promosi. Setrategi promosi yang paling banyak diambil adalah dengan memberikan potongan harga. Karena pemain baru rata – rata masih memiliki sifat sangat labil, maka ketika tidak berhasil menyedot konsumen biasanya mereka akan habis – habisan memberikan potongan harga. Bagi mereka yang terpenting ada agen yang masuk. Meskipun harus menanggung minus. Padahal prinsip usaha yang benar adalah usahakan namanya usaha ya jangan sampai minus. Kalau sudah tidak minus usahakan ada laba yang bisa menggantikan bea operasional, kalau sudah ada laba maka pastikan laba itu akan bisa untuk melakukan pengembangan perusahaan. Kembali seperti yang diuraikan dalam paragraf pertama, karena pemain baru memberikan potongan harga yang tidak wajar, maka pemain lama yang biasanya sudah merajai merasa tidak terima. Akhirnya pemain lama pun juga melakukan penurunan harga. Nah kalau sudah seperti itu secara akal sehat agen – agen tentunya pasti memilih kembali ke server yang sudah lama. Karena jelas – jelas sudah terbukti akses transaksi dan pelayanannya. Untuk itulah kalau melakukan bisnis jangan selalu menjadikan harga sebagai objek konfrontasi dengan rival. Masih banyak cara lain untuk menarik hati konsumen. “U Try, U Can”.

Terlalu mudah percaya pada orang lain

Saya pernah mendengar istilah “tidak ada kepercayaan maka tidak akan ada bisnis”. Ada yang terlalu percaya pada orang lain dan ada yang terlalu tidak percaya pada orang. Dua – duanya tidak benar. Sejak 2008 awal saya selalu mengkampanyekan “tidak ada istilah percaya 100%”. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, orang – orang terdekat tidak jarang justru malah yang pada akhirnya melakukan pengkhianatan. Kita pasti merasa sangat dilematis. Mau kita pukuli masih saudara, tidak kita kasih pekerjaan kok rasanya sangat kasihan, mau dilaporkan ke polisi kok masih teman, sudah kenal keluarganya juga, gak enak bermusuhan dengan teman sendiri.Masih banyak lagi alasan – alasan lain. Untuk itulah sebisa mungkin kita menerapkan prinsip yang benar. Biarkan orang mau berkata apa karena yang namanya resiko juga kita yang menanggung. “Bisnis adalah bisnis dan teman adalah teman”. Mitra bisnis belum tentu teman dan teman belum tentu mitra bisnis. Terlebih dalam dunia server isi ulang pulsa. Siapapun mengetahui kalau bisnis server isi ulang pulsa adalah bisnis dengan permainan uang yang besar. Bisnis paling menggiurkan, paling diminati namun juga paling beresiko jika pengelolaan tidak tepat. Banyak pemain server isi ulang pulsa menerapkan BB ( barang masuk dulu baru bayar beberapa hari kemudian ) untuk menarik dan menjaga loyalitas konsumen. Ini biasanya dilakukan oleh pemain dengan modal gede. Sayangnya mereka sering sekali tidak selektif. Memberikan fasilitas kemudahan bayar belakang hanya berdasarkan hubungan karena sudah kenal lama dan jumlah penjualannya banyak. Padahal penjualan yang banyak itu belum tentu untungnya besar. Untuk itu kami tekankan berhati – hatilah dalam memilih orang. Terutama jika ditempatkan pada bagian yang berpeluang seseorang bisa melarikan barang. Misal dibagian pengambilan deposit agen, bagian stor ke bank dan sebagainya. ( Untuk menjawab orang seperti apa dan jangka waktu berapa kita bisa mempercayai orang terutama untuk sales yang ditugaskan mengambil uang storan ke agen, saat ini masih dalam tahap saya lakukan pengamatan. Kira – kira pertengahan 2010 akan saya publikasikan hasil pengamatan tersebut )

Gagalnya Sistem Pendelegasian Tugas dan Wewenang

Ini berlaku pada semua bidang bisnis, masih banyak Owner yang tidak memahami manajement pengelolaan SDM. Awalnya mereka membangun usaha, lalu berkembang, lalu mencari karyawan. Sayangnya mereka tidak bisa mendelegasikan tugas dan wewenang ke bawahannya. Maka akhirnya pengangkatan karyawan itu tidak berfungsi. Melainkan hanya sebatas menjadi teman ngobrol saja. Atau teman untuk dimarahi…wew parah…!!! Bagaimana tidak parah. Perusahaan selalu tergantung pada si bos. Kalau si bos tidak ada ya perusahaan tidak jalan. Karena anak buah tidak diberi wewenang yang jelas. Juga tidak pernah ditatar. Kalau seperti itu untuk apa mengangkat karyawan. Jadi kalau mengangkat karyawan atau memperkerjakan seseorang, harus diberikan tugas dan wewenang yang jelas. Pastikan ketika anda sedang ada urusan lain usaha anda masih tetap berjalan karena ada bawahan anda yang menjalankannya. Anda tinggal menangani urusan – urusan yang bersifat rahasia dan vital saja. Gagalnya Pendelegasian tugas dan wewenang dalam perusahaan selain owner yang tidak percaya pada orang lain juga bisa diakibatkan oleh gagalnya membangun iklim kerja yang nyaman. Kalau anda mengingnkan karyawan anda loyal dan bisa bekerja maksimal dengan penuh tanggungjawab, maka anda harus menciptakan iklim kerja seperti nuansa dalam kehidupan rumah tangga. Sebagai bos anda tidak boleh kaku. Tidak boleh pelit. Anda harus gemar memberikan bonus. Bonus tidak selalu berupa materi. Tetapi ucapan selamat pun juga termasuk bonus. Buatlah anda akrab dengan semua karyawan anda. Seperti keakraban hubungan dalam keluarga. Lihat dalam keluarga ada ayah, ibu, anan, nenek. Meskipun hubungan akrab tetapi fungsi jelas. Tidak pernah terbalik. Buatlah karyawan anda merasa memiliki usaha anda. Merasa dia bagian dari perusahaan anda. Sehingga maju mundurnya usaha tersebut menyangkut kelangsungan hidup mereka juga. Jangan sampai di otak karyawan anda tertanam pemikiran “untuk apa bekerja lebih, toh yang kaya ya hanya bos saja” Jelasnya, ketika anda menginginkan karyawan anda bisa bekerja secara optimal maka anda harus memberikan hak mereka dan memperlakukan mereka seperti teman. Akrab namun dengan tetap memiliki ketegasan.

Setelah mengetahui pentingya pembukuan, tentu Anda harus mengerti bagaimana melakukan pembukuan tersebut, setidaknya taraf yang sederhana. Intinya sih, 3M singkatan dari Mari Mulai Mencatat. Jadi, apa pun pemasukan dan pengeluaran perusahaan Anda, mulai sekarang harus dicatat. Itulah yang paling sederhana. Konon, pebisnis sekelas Bob Sadino pun dulu melakukan cara ini pada masa awal bisnisnya. Nah, bila mau belajar lebih serius dari disiplin akuntansi, ada tiga hal yang harus Anda pelajari. Paling tidak Anda punya cash-flow (aliran kas), profit and lost (rugi laba), serta neraca sederhana. Mari kita pelajari satu per satu! Arus Kas Gampangnya, arus kas atau aliran kas adalah catatan harian mengenai pengeluaran dan pemasukan keuangan dari usaha yang Anda jalankan. Pokoknya, setiap ada pengeluaran dan pemasukan itu harus dicatat. Catatan mengenai arus kas ini sangat penting. Pasalnya, catatan arus kas ini merupakan bahan dasar untuk membuat laporan keuangan yang lain. Jadi, dari catatan sederhana inilah suatu usaha bisa dianalisis. Sebaiknya, dibedakan buku untuk pos pengeluaran dan pendapatan. Dari catatan harian ini Anda bisa membuat rekapitulasi per bulan. Inilah yang disebut laporan arus kas (cash-flow).

Sebelum memulai usaha, anda juga bisa membuat proyeksi aliran kas ini, yaitu perkiraan aliran kas berdasarkan asumsi-asumsi pengeluaran dan pemasukan dari usaha yang hendak Anda tekuni. Proyeksi aliran kas ini berguna untuk mengetahui berapa banyak modal yang harus Anda setor di awal dan Anda cadangkan selama usaha Anda berjalan. Juga berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk bisa balik modal. Di luar itu, proyeksi aliran kas nantinya juga berguna ketika usaha sudah mulai berjalan dengan benar. Laporan Rugi Laba Berdasarkan catatan aliran kas tadi, Anda bisa membuat laporan rugi laba. Intinya, laporan rugi laba ini berisi pendapatan dikurangi dengan biaya-biaya sehingga diketahui apakah usaha tersebut mengalami untung atau malah rugi. Tapi ingat, anda harus mengeluarkan faktor aset, modal, barang, dan utang dari laporan keuangan ini. Dalam menyusun laporan rugi laba, Anda sebaiknya memasukkan unsur depresiasi. Caranya gampang. Untuk pembukuan sederhana kita bisa memakai metode garis lurus (lihat tip).

Asumsi metode ini: kita menganggap sebuah barang mempunyai masa pakai tertentu dan nilai penyusutannya adalah pembagian antara harga pembeliannya dengan masa pakainya. Katakanlah peralatan Ibu Nita kita anggap bisa dipakai untuk jangka waktu tiga tahun. Maka penyusutan per bulannya adalah: nilai peralatan dibagi dengan 36 bulan. Untuk kendaraan kita asumsikan usianya lima tahun. Itu sebabnya, untuk penyusutan kendaraan per bulan rumusnya nilai kendaraan dibagi 60 bulan. Dari sini Anda bisa mengambil kesimpulan. Bila hasilnya ternyata rugi, Anda bisa mengevaluasi peyebab kerugiannya. Selanjutnya, Anda bisa memutuskan apakah penyebab kerugian tersebut bisa diatasi atau Anda malah harus menutup usaha tersebut untuk mencegah kerugian lebih lanjut. Neraca Neraca penting dibuat setidaknya setahun sekali, untuk mengetahui nilai perusahaan Anda dari waktu ke waktu.

Saat awal perusahaan, neraca perusahaan biasanya hanya terdiri dari modal awal dan utang serta aset yang diperoleh dari belanja modal tersebut. Aset termasuk sebagai aktiva, sementara utang dan modal masuk sebagai pasiva. Seiring waktu, aset perusahaan bisa bertambah, bisa pula terjadi utang-piutang, atau cadangan kas menjadi berkurang atau bertambah, dan lain-lain. Intinya, nilai perusahaan bisa saja bertambah atau berkurang karena perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian.

PENTINGNYA SEBUAH CITA-CITA

Jika Anda menginginkan untuk membangun sebuah usaha yang besar, maka langkah pertama yang harus Anda tentukan adalah membuat sebuah Goal atau Cita-cita, kemudian menyusun rencana – rencana untuk mewujudkan impian itu, pepatah dalam dunia barat berbunyi, “Set your goal on stone and set your plans on sand.” Artinya sebuah goal adalah tujuan yang harus Anda pegang teguh tanpa menyerah apapun yang terjadi. Setelah itu rencanakan kerja Anda dalam kerangka Goal tadi, rencana yang melebihi kemampuan yang Anda pikir Anda miliki, namun yang sangat realistis sehingga Anda akan bersemangat, antusias dan bekerja keras untuk meraihnya.

CITA – CITA

Awal dari terwujudnya kesuksesan besar adalah mimpi besar. Bermimpi memiliki tempat usaha di mana-mana, cabang di mana-mana, mendirikan dua sampai tiga perusahaan sekaligus, omzet mencapai milyaran rupiah, banyak pelanggan dalam negeri maupun luar negeri, dan menuai kesuksesan-kesuksesan masa depan lainnya. Mimpi ini Anda jadikan sebagai motivasi untuk menggali ide-ide kreatif dalam menciptakan sebuah usaha. Nikmati mimpi tersebut tanpa menghentikan langkah nyata berusaha.

OBSESI DAN HOBI

Tanamkan obsesi kuat meraih cita-cita Anda. Mulailah memperhatikan hobi Anda yang belum sempat Anda lirik sekalipun. Hobi menulis, bercerita, memasak, bermain bulu tangkis, main catur, membuat desain dan hobi lain yang mungkin hanya dipandang sebelah mata saja. Rahasianya ada pada kesungguhan hati Anda untuk menekuni salah satu hobi Anda. Ambilah satu dari hobi Anda yang menurut Anda cocok untuk dijadikan usaha. Berikan sepenuh hati Anda dalam menjalankan hobi Anda. Satu hal yang harus Anda pegang, semua berawal dari hal kecil, dan kerjakeras.

SADARI REALITAS

Meskipun saya menyarankan bermimpi hal besar, saya katakan itu guna motivasi dan pencarian obsesi Anda yang sebenarnya. Di kala sudah bermimpi maka kembalilah pada kenyataan. Lihatlah apa-apa yang sudah Anda miliki dan hitung seberapa besar modal yang harus digunakan untuk menjalankan bisnis Anda. Mulailah dari apa yang Anda merasa ahli dibidangnya. Tidak perlu membandingkan dengan orang lain. Hanya fokus pada usaha baru Anda dan rencana-rencana untuk mengembangkannya.

RENCANA BERTAHAP

Tidak ada yang langsung jadi di dunia ini. Semua dimulai melalui tahapan-tahapan kejadian. Begitu pula Anda yang baru merintis usaha, apalagi masih hijau. Hal pertama pastilah masalah modal. Jika memang modal Anda hanya sedikit, ikuti saja peraturannya. Anda wajib berpikir dua kali dalam menggunakan modal yang ada. Rencanakan sesuai kepentingan saja. Yakinlah bahwa keuntungan akan datang sendiri jika menjalankan tahap usaha dengan benar.

MILIKI RENCANA KREATIF

Menjalankan usaha tidak sederhana jika menginginkan hasil maksimal. Berusahalan memiliki ide bisnis kreatif. Baik dari segi produk yang sedang Anda usahakan, pengelolaan modal, penjajakan jaringan, atau rencana kretif lain seperti pelayanan customer, bonus-bonus produk, launching produk, dal sebagainya.

PINTAR UNTUK MENYUSUN IDE KREATIF

Dunia bisnis sarat dengan ketegangan. Bila kita tidak menyiapkan beberapa senjata yaitu rencana-rencana kreatif, bisa jadi malah terjebak dalam lingkar bisnis tidak menyenagkan. Awal bisnis yang baik memerlukan susunan rencana cadangan. Karena tidak semua berjalan mulus. Jika suatu saat usaha Anda mengalami goncangan baik modal maupun kinerja usaha, maka susunan rencana Anda yang lain siap menolong Anda.

MENYUSUN RENCANA ANGGARAN

Setelah beberapa waktu usaha Anda berjalan dan mulai terlihat usaha makin menguntungkan, segeralah menyusun anggaran sesuai pos-pos penting untuk kelangsungan usaha Anda. Tempatkan pengeluaran dan pemasukan dalam wadah yang berbeda. Berhati-hatilah di area anggaran ini, karena jika tidak tepat Anda akan kesulitan menanganinya.

SDM BISNIS SERVER PULSA

Berlaku untuk semua jenis bisnis. SDM merupakan komponen terpenting yang menentukan maju mundurnya suatu usaha. SDM yang bermartabat dan berkompetensi tinggi akan membuat usaha maju. Sebaliknya penggunaan SDM yang tidak tepat malah justru membuat usaha semakin kacau. Mengingat saya bukanlah seorang praktisi dibidang SDM maka saya tidak akan banyak bicara tentang SDM. Saya hanya akan berbicara beberapa prinsip terpenting saja.

Apapun usaha anda, anda sebaiknya memahami kalau SDM itu diadakan dan perlu dikelola secara tepat. Pengelolaan SDM yang tidak tepat bisa berakibat fatal. Dalam posisi tertentu kita cenderung harus memilih membayar lebih mahal daripada menggunakan tenaga kerja yang tidak memiliki kemampuan sesuai yang kita butuhkan. Namun dalam posisi tertentu terkadang kita juga harus mengakomodir tenaga yang kurang memiliki kemampuan. Semua itu memiliki fungsi dan kelebihan masing – masing.

Tenaga kerja yang memiliki kompetensi tinggi cenderung mempunyai tuntutan yang lebih tinggi dan memiliki loyalitas yang lebih rendah dibandingkan dengan tenaga kerja yang tidak memiliki kemampuan dasar. Kelebihan dari tenaga kerja terdidik dan terlatih adalah bisa kita pekerjakan secara mandiri untuk menangani suatu pekerjaan. Sedangkan kelebihan dari tenaga kerja yang kurang memiliki kemampuan adalah lebih mudah untuk kita suruh kesana kemari dan tidak jarang memiliki tingkat kejujuran yang lebih tinggi karena mereka umumnya cara berfikirnya masih sangat natural.

Pengambilan tenaga kerja terdidik maupun tidak terdidik itu harus memperhatikan asalnya. Karena tenaga kerja itu selain berfungsi untuk mengerjakan jenis pekerjaan yang kita miliki juga bisa difungsikan sebagai komponen penjaga untuk memperkuat perusahaan. Tenaga kerja kurang terdidik yang difungsikan untuk menangani pekerjaan serabutan dan bidang security sebaiknya diambilkan dari daerah sekitar tempat usaha anda.

MASALAH SDM yang juga harus dipahami adalah bahwa orang itu bisa dibagi menjadi 2, yaitu Berotak kanan dan Berotak kiri.

Orang yang berotak kanan cara berfikirnya cenderung lompat – lompat, Maksutnya mencari jalan paling singkat jika mengerjakan sesuatu. Sulit untuk diarahkan. Untuk itu orang berotak kanan kurang cocok untuk dipekerjakan dibidang administrasi dan bagian keuangan. Karena tingkat ketelitiannya kurang bisa diandalkan. Kekurangan lain dari orang berotak kanan adalah jika dipekerjakan dia dalam posisi tertentu cenderung mengambil ilmu. ( Tingkat loyalitasnya relatif lebih rendah ). Orang berotak kanan cenderung lebih bagus dipekerjakan sebagai kepala cabang maupun manager ( bidang kepemimpinan ) karena pada umumnya memiliki daya inisiatif, ketabahan dan keuletan serta kewibawaan yang lebih tinggi.

Sedangkan orang yang berotak kiri cara berfikirnya cenderung lebih runtut. Step by Step. Oleh sebab itu orang seperti ini akan lebih cocok ditempatkan pada bidang administrasi, accounting, security, kurir, dan bagian kerja lain yang menuntut tingkat ketelitian dan loyalitas.

Dari uraian saya di atas jelasnya kalau kita mencari karyawan yang mudah untuk diatur maka sebaiknya carilah orang yang berotak kiri. Sedangkan jika kita mencari teman sebagai rekan bisnis atau mencari orang yang tujuannya untuk memberikan inovasi terhadap perusahaan anda maka carilah orang yang berotak kanan.

Kemudian dalam kenyataan di dunia usaha. Seorang owner rata – rata adalah orang yang berotak kanan. Jadi mereka pada umumnya tidak ahli dibidang pembukuan, dan lebih banyak mengedepankan sebuah visi misi dan menciptakan teori – teori akselerasi pencapaian tujuan perusahaanya. Oleh sebab itu sudah seharusnya anda juga menggunakan prinsip pengangkatan tenaga kerja yang benar. APAPUN USAHA ANDA jika sudah mengalami perkembangan, MASALAH ADMINISTRASI ADALAH MASALAH PERTAMA YANG DISERAHKAN ATAU DIDELEGASIKAN KE ORANG LAIN SEDANGKAN MASALAH TERAKHIR YANG DISERAHKAN KE ORANG LAIN ADALAH MASALAH SDM.

Tidak ada istilah percaya 100%. Termasuk ke orang terdekat anda. Jika diperlukan penambahan tenaga kerja maka semua harus anda ketahui sendiri selaku seorang owner. Jangan pernah berkata pada orang kepercayaan anda kalau dia bebas mencari pembantu jika diperlukan. Orang kepercayaan anda hanya berhak mengajukan. Sedangkan keputusan tetap berada di tangan anda.

PENGGAJIAN

Dimana saja ketika kita menggunakan jasa orang lain pasti tidak pernah lepas dengan masalah gaji. Sebagai orang modern, kita sudah tidak bisa menerapkan teori ekonomi “Dengan modal sekecil – kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar – besarnya”. Mengapa? Karena teori itu tidak jarang hanya membuat martabat kita menjadi turun.

Prinsip penggajian yang benar adalah yang saling menguntungkan. Semakin besar hasil dari pekerjaan yang kita berikan pada orang lain maka dia berhak mendapatkan hasil lebih. Semakin sulit pekerjaan maka gaji yang kita berikan juga harus semakin banyak, semakin tinggi resiko dari pekerjaan yang kita berikan maka gaji yang kita berikan juga harus semakin tinggi.

Terus terang saya sendiri termasuk orang yang lebih menghargai kemampuan. Bukan gelar. Jadi jika saya memiliki 2 orang karyawan yang satu berpendidikan SMA dan yang satunya lagi bertitel Sarjana, maka belum tentu gaji yang saya berikan lebih besar yang Sarjana. Kalaulah dalam kenyataanya kemampuannya sama, kenapa harus dibedakan.

Khusus bagi pemula, biasanya mengalami kebingungan untuk melakukan penggajian terhadap karyawannya. Sebab dari segi keuntungan belum sesuai dengan yang harus dikeluarkan. Bahkan ada kecenderungan masih harus melakukan subsidi. NAH DALAM POSISI seperti itu bagaimana cara memberikan gaji yang benar??? Saya ada sedikit trik yang telah saya praktikan dan telah terbukti berhasil. Sebelum saya beritahukan trik tersebut sebaiknya coba sedikit kita membuat istilah atau definisi baru tentang gaji. “Gaji adalah balas jasa yang kita berikan pada orang lain karena telah membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan yang kita miliki” Tapi tidak semua balas jasa itu bisa disebut gaji. Sebab jika kita asal menyebut gaji bisa – bisa akan menyakiti orang lain. Terutama karyawan kita jika gaji yang kita berikan belum sesuai.

Untuk itu jika belum bisa memberikan gaji yang sesuai ( Belum Bisa Memberikan UMR ), maka jangan sebut gaji, tapi sampaikan itu sebagai pengganti uang lelah. Selanjutnya sebesar apapun gaji yang diterima seseorang, pasti dia akan merasa bangga jika diberi bonus. Sebab dalam kenyataanya orang lebih suka diberi bonus daripada gaji. Mengapa ini bisa terjadi??? Karena bonus itu menunjukan secara langsung penghargaan kita secara lebih terhadap orang yang kita beri bonus.

Jelasnya sebesar apapun gaji yang telah kita berikan dan diposisi manapun seseorang tetap membutuhkan adanya sebuah bonus. Karena hanya bonuslah yang bisa melipatgandakan etos kerja dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Oleh sebab itu saya rasa tidak salah jika kemudian ada prinsip “Berilah gaji sekadarnya dan berikanlah bonus sebesar – besarnya”

Let’s Check Link Kami yang Lain

softwarepulsaserver.blogspot.com

softwarepulsaserver.wordpress.com

serversoftwarepulsa.wordpress.com

serverpulsamedia.wordpress.com

importir.wordpress.com

erefill2011.wordpress.com

server2011.wordpress.com

erefill3.wordpress.com

Software Server Pulsa

softwareerefill.wordpress.com

erefill2011ori.wordpress.com

pulsaerefill.wordpress.com

servererefill2011.wordpress.com

pulsadealer88.wordpress.com

distributor88.wordpress.com

agenpulsa88.wordpress.com

Info Software Pulsa

software88pulsa.wordpress.com

server88.wordpress.com

erefill88.wordpress.com

kiosdealer88.wordpress.com

counter88.wordpress.com

serverpulsa88.wordpress.com

serverdealer88.wordpress.com

pusatserver.wordpress.com

Software Pulsa Tanpa Kode

pusatpulsa88.wordpress.com

counterdealer.wordpress.com

modempulsa88.wordpress.com

wavecom88.wordpress.com

reloadpulsa88.wordpress.com

dompul88.wordpress.com

serverpusat.wordpress.com

servermurah.wordpress.com

counter2011.wordpress.com

softwarepulsa2011.wordpress.com

Software Pulsa Jogja

kiospulsa2011.wordpress.com

dealerpulsa2011.wordpress.com

agenpulsa2011.wordpress.com

ponselreload.wordpress.com

Software Pulsa Yogyakarta

dealermurah.wordpress.com

distributorpulsa2011.wordpress.com

dompetpulsa88.wordpress.com

erefillpulsa.wordpress.com

dealererfill.wordpress.com

Mesin Server

versi3.wordpress.com

pulsasoftware.wordpress.com

reloaderefill.wordpress.com

dompeterefill.wordpress.com

modemerefill.wordpress.com

erefillversi3.wordpress.com

erefillserver.wordpress.com

Software 1 Chip All Operator

serverpulsa2011.wordpress.com

serverdealer.wordpress.com

softwarepulsa88.wordpress.com

kiosserver.wordpress.com

servererefill.wordpress.com

Review Software Pulsa

countermurah.wordpress.com

erefillpulsa2011.wordpress.com

servermurah2011.wordpress.com

mediarefill.wordpress.com

pulsayogyakarta.wordpress.com

Top 10 Software Pulsa

versierefill.wordpress.com

agenerefill.wordpress.com

update2011.wordpress.com

sumbererefill.wordpress.com

Software Pulsa Yogyakarta

erefilltanpakode.wordpress.com

softwarepulsatanpakode.wordpress.com

peluangusahapulsa.wordpress.com

daftarpulsa.wordpress.com

Software Pulsa Tanpa Kode Yogyakarta

larispulsa.wordpress.com

distributorpulsajogja.wordpress.com

agenpulsajogja.wordpress.com

softwareserverpulsafree.wordpress.com

One Response to Membuka Usaha Server Pulsa Elektrik All Operator GSM dan CDMA

  1. Mr WordPress says:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Leave a comment